Cari Pertanyaan atau Jawaban
Kirim Pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.

Frequently Asked Question
Apabila ada adendum dokumen pengadaan apakah jadwal pengadaan perlu dirubah? dasar aturrannya mohon petunjuk
Penambahan dokumen yang akan mempengaruhi bagi penyedia dan memerlukan waktu tambahan untuk mendapatkan barang tersebut maka pokja dapat menambahkan waktu pemasukan penawaran.
http://lpse.kkp.go.id/eproc/lelang/pemenang/2293218Tolong Bapak/ Ibu Perikasa Website ini. Saya rasa Jaminan Penawaran yang Saya masukkan Tidak ada Masalahnya.
Jika merasa dirugikan oleh panitia, silahkan sampaikan dalam tahapan sanggah melalui SPSE
Rehabilitasi Saluran Irigasi Kawasan Tambak Di Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur(Tolong Diperiksa tentang kebenaran paket ini terima kasih)

Pengaduan silahkan kirim ke email lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@kkp.go.id

Terima Kasih

kami peserta lelang pekerjaan rehabiliasi prasarna balai besar pengembangan budidaya air laut lampung, dimn pd tgl. 22.9.14 jadwal aanwizing tuk pek. tsb, nmun panitia blum menerbitkan BA & ADDUM

Terima  Kasih

Panitia sedang menyiapkan perubahan dokumen sehingga adanya perubahan jadwal yang diajukan ke lpse kkp

Helpdesk lpse kkp

Mohon bantuan prosedur agar kami bisa ikut berpartisispasi dalam pengadaan cold storage, mesin es dan pengadaan panel insulasi polyurethane pada kementrian kelautan.

Silahkan ikuti proses lelang secara elektronik, jika belum pernah mendaftar online, silahkan mendaftar terlebih dahlu secara online dan ikuti proses dalam pendaftaran tersebut. Jika sudah silahkan melakukan verifikasi ke lpse tempat perusahaan saudara mendaftar.

apa yang terjadi dengan lelang saluran di Kalbar baru baru ini. udah dibatalin ko bisa muncul lagi, dan memenangkan salah seorang tanpa lelang ulang. mohon ditanggapi
Terima Kasih, Mohon dalam penyampaian pengaduan layanan lpse kkp dikirim ke email lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@yahoo.com untuk dapat kita tindak lanjuti dengan menjelaskan paket mana, kode lelang serta permasalahannya. 
bagaimana mendafta PT secara online ??
silahkan klik pendaftaran online, di halaman depan lpse. isi data dan ikuti tahapan pendaftaran tersebut
Anwijing tidak dijawab di saat yang tertera di jadwal, apakah lelang itu bisa dianggap gagal? kemana mesti mengadukan hal tersebut.
Tidak dianggap gagal, hanya apa yang ada dipertanyakan dianwijing tidak bisa menjadi acuan dalam kontrak (perubahan), jadi semua bersumber kembali pada dokumen lelang tersebut.
apakah didalam mengikuti pelelangan tidak boleh menggukana dukungan bank dari bank BJB...mohon penjelasannya pa
dukungan bank, tidak ada kategori khusus, jadi bisa menggunakan bank apa saja yang penting setelah dilakukan klarifikasi benar bank tersebut mengeluarkan surat dukungan dan ada dana yang mendukung pekerjaan tersebut


bagaimana prosedur pendaftaran pertama kali jadi peserta pengadaan barang dan jasa di lpse kkp?
Jika penyedia baru dan belum pernah mendaftar secara online, silahkan mendaftar secara online di halaman depan lpse dmana perusahaan anda mendaftar. isi email perusahaan. klik mendaftar, ikuti proses didalam email sampai ada perintah untuk datang melakukan verifikasi dengan datang ke lpse tempat saudara mendaftar dengan membawa 1 bendel dokumen kualifikasi fotocopy dan dokumen aslinya. serta formulir2 pendaftaran dan formulir keikutsertaan.
seandainya kami sebagai rekanan secara sepihak mengundurkan diri sbg pemenang lelang bs masuk daftar hitam tetapi jika panitia membatalkan lelang apa sangsinya?

seandainya kami sebagai rekanan secara sepihak mengundurkan diri sbg pemenang lelang bs masuk daftar hitam tetapi jika panitia membatalkan lelang apa sangsinya?

Silahkan pelajari Perpres 54 Tahun 2010 dan perubahan kedua Perpres 70 Tahun 2012. Penyedia yang ditunjuk sebagai pemenang mengundurkan diri maka penyedia tersebut diiblacklist, jika belum sebagai pemenang maka tidak diblacklist. sanksi panitia tidak ada Karena panitia hanya menjalankan proses lelang sedangkan kebijakan pemotongan anggaran adalah kebijakan  Presiden cc Menteri keuangan. 

Apabila lelang dibatalkan padahal di doklang tdk ada pernyataan apabila lelang dibatalkan kami sbg rekanan tdk boleh menuntut?bagaimana?

Terima kasih, lelang sesuai dengan Peraturan LKPP dapat dibatalkan jika memang ada kebijakan pemerintah, Kebijakan tersebut tertuang dalam Inpres No 4 Tahun 2014. Kebijakan tersebut dalam pemotongan anggaran, kegiatan apa yang dipotong tergantung masing2 KPA. Jika masih proses lelang dapat ditunda/dibatalkan sebelum adanya ikatan kontrak. Sedangan dalam dokumen lelang tidak ada klausul tentang menuntut karena memang biasanya klausul tersebut digunakan untuk kegiatan lelang yang pra DIPA dimana anggaran belum disahkan oleh DPR maka dibuatlah klausul tersebut. sedangakan ini adalah karena kebijakan pemerintah yang tidak bisa ditunda.

kami mempertanyakan lelang mesin bubut p tangkap.kalau memang terjadi pemotongan anggaran mengapa setelah adanya verifikasi?
Terima kasih, lelang sesuai dengan Peraturan LKPP dapat dibatalkan jika memang ada kebijakan pemerintah, Kebijakan tersebut tertuang dalam Inpres No 4 Tahun 2014. Kebijakan tersebut dalam pemotongan anggaran, kegiatan apa yang dipotong tergantung masing2 KPA. Jika masih proses lelang dapat ditunda/dibatalkan sebelum adanya ikatan kontrak.
jika surat penawaran dan pernyataan dalam bentuk word tidak kami tanda tangan apakah bisa dinyatakan gugur??
  1. Silahkan pelajari Perka LKPP No 1 Tahun 2011 tentang e-tendering
  2. Surat Penawaran dan atau surat lain bagian dari dokumen penawaran dalam proses pengadaan baran/jasa pemerintah secara elektronik ini tidak memerlukan tanda tangan basah dan stempel kecuali surat lain yang memerlukan tanda tangan basah dari pihak lain contoh surat dukungan bank, surat keterangan fiskal maupun surat dukungan lain-lain.
  3. Surat Penawaran ditandatangani secara elektronik oleh pemimpin/ direktur perusahaan atau penerima kuasa dari direktur utama yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau perubahan atau kepala cabang yang diangkat kantor pusat yang dibuktikan dengan bukti otentik atau pejabat yang menurut perjanjian kerjasama adalah yang berhak mewakili perusahaan yang bekerjasama
klo sdh ada pemenang tiba2 dihilangkan kemudian ada protes lalu diadakan klarifikasi smua rekanan.lalu sehari kemudian ada pengumuman rencana lelang dibatalkan alasannya pemotongan anggaran.bagaimana?

Pemotongan Anggaran adalah kebijakan Kuasa Pengguna anggaran dalam pelaksanaan Inpres 4 Tahun 2014, selama PPK belum melakukan perikatan dalam surat perjanjian, maka anggaran dapat dilakukan pemotongan. Setiap pengaduan mohon dikirim ke lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@yahoo.com

pakah klarufikasi harus mendsatangkan seluruh rekanan atau hanya urutan 1-3 saja?
Pembuktian kualifikasi dilakukan pada calon pemenang I, Calon Pemenang cadangan I dan Calon Pemenang Cadangan II, sedangkan klarifikasi dan negosiasi hanya dilakukan terhadap pemenang Pertama. Jika pemenang gagal melakukan negosiasi sesuai dengan aturan yang ada, Pokja dapat memanggil pemenang cadangan I
lelang yang sdh msk tahap klarifikasi mendadak akan dihilangkan dengan alasan pemotongan anggaran.pdhl nilai lelang tsb sangat kecil.sedang lelang yg nilainya lbh besar msh bs dijalankan
Kebijakan pemotongan anggaran ada dimasing- masing Kuasa Pengguna Anggaran dari nilai yang ditetapkan oleh Pengguna Anggaran, Panitia atau Pokja hanya menjalankan proses pelelangan sesuai dengan permintaan PPK
apakah sah jika panitia lelang melakukan pembuktian kualifikasi tanpa mengundang / memberitahukan kepeserta lelang baik melalui telp, fax, email, undangan langsung hanya berdasarkan pad jadwal saja
Untuk mengundang penyedia yang lulus baik calon daftar pendek maupun calon pemenang, calon cadangan 1 maupun calon cadangan 2 dilakukan dengan cara bisa berkirim surat, email, fax, telpon langsung (nomor telp di kop surat atau disurat penawaran), atau panitia langsung mendatangi lokasi penyedia untuk pembuktian sekalian survey domisili dll, tergantung panitia melakukannya, yang intinya adalah ada informasi yang diterima penyedia bahwa mereka di undang untuk klarifikasi data kualifikasi penyedia.
apakah lpse kkp bisa meneriman pengaduan
Setiap pengaduan di lpse KKP akan dianalisa dan ditindaklanjuti jika menyangkut prosedur dan tata pelaksanaan lelang dalam penggunaan aplikasi LPSE, sedangkan pengaduan tentang pengadaan bisa disampaikan ke inspektorat jenderal. 
mohon di kirim Pasword terbaru
Perubahan pasword penyedia dapat dilakukan oleh penyedia sendiri dengan klik lupa pasword pada saat mau login 

bagaimana cara mengikuti lelang ?
Jika sudah mendaftar dan mempunyai user id dan pasword, silahkan download panduan nya jika belum pernah mendaftar silahkan mendaftar secara online. Dihalaman depan tampilan lpse kkp
apakah sah jika pada penawaran yg kirim kami menggunakan materai hasil scan agar kami menghemat materai dan setelah pembuktian kami menggunakan materai asli

Surat penawaran dalam sistem lelang secara elektronik tidak menggunakan materai itu sah sesuai dengan Perka LKPP dan tidak digugurkan, akan tetapi ketika surat penawaran menggunakan materai palsu hasil scan dan dikirim pada saat pengiriman dokumen maka tidak sah dan dianggap pemalsuan, maka dapat digugurkan oleh panitia. 

Apakah Sah jika panitia lelang melakukan pembuktian kualifikasi tanpa mengumumkan di LPSE kkp (layar home lpse) padahal pada jadwal itu pembuktian kualifikasi.

Pembuktian kualifikasi dilakukan oleh panitia pada 3 calon pemenang, untuk hadir dalam pembuktian kualifikasi Panitia bisa mengirim surat undangan, fax, email maupun telepon langsung. dan tidak ada kewajiban  mengumumkan undangan pembuktian di (layar home lpse).

pada tahap evaluasi kualifikasi ( prakualifikasi )ada 5 calon konsultan yang lulus, ternyata pada tahap pembuktian hanya 4 yang hadir. Apakah lelang batal atau proses dilanjutkan
Tergantung jenis lelangnya, seleksi sederhana atau seleksi umum. Kalau seleksi sederhana lanjut minimal 3 maksimal 5 penyedia, untuk seleksi umum gagal krn penyedia yang lulus daftar pendek minimal 5 maksimal 7 kecuali lelang ulang. 

apa yang harus dilakukan agar akun perusahaan yang saya miliki bisa mendapatkan tombol untuk proses agregasi, bila sebelumnya telah membuat akun lpse juga tetapi orang yang membuatnya itu telah resign

itu kesalahan penyedia dimana dalam membuat akun lpse harus menggunakan data perusahaan terutama email, bukan data pribadi (admin). Saran kami silahkan langsung datang ke LKPP untuk melakukan agregasi nasional.

saat saya login kenapa saya tidak bisa menemukan tombol untuk melakukan proses agregasi di menu home. padahal lpse ini sudah teragregasi. apakah agregasi tersebut dilakukan secara otomatis??

saat saya login kenapa saya tidak bisa menemukan tombol untuk melakukan proses agregasi di menu home. padahal lpse ini sudah teragregasi. apakah agregasi tersebut dilakukan secara otomatis??

Tombol agresi muncul jika perusahaan baru mendaftar pertama kali, jika penyedia mempunyai lebih dari satu user id dengan npwp yang sama maka tombol tidak muncul. Jika mengalami maslah laporkan  via email  lpse_kkp@kkpo.id atau lpse_kkp@yahoo.com terima kasih

saya sudah menggunakan lupa password tetapi pada saat username dan password tersebut dimasukan tetap saja tidak bisa login
silahkan  laporkan ke email lpse bagi yang kesulitan merubah pasword, akan kami pandu trima kasih
KENAPA SAAT INI SY TDK BISA LOG IN DATA PENYEDIA.PASWORD DAN ID SD BENAR TEPAI TETAP TDK MAU LOGIN
ada kemungkinan pasword anda digunakan dan dirubah oleh orang lain, bisa juga dari tata pengisian user id dan pasword yang salah, coba ulangi lagi. jika belum juga bisa klik login penyedia dibawah login tersebut ada tulisan lupa pasword. lalu klik user id perusahaan dan email yang digunakan pada waktu mwndaftar terdahulu. lalu kirim, lalu buka email perusahaan anda maka akan mendapatkan pasword baru.
dimohon kepada bapak/ibu untuk menjawab pertanyaan yg saya sampaikan.tks
Untuk mempermudah dan mempercepat  menjawab pertanyaan saudara, silahkan kirim email ke lpse_kkp@yahoo.com, lpse_kkp@kkp.go.id
untuk pelelangan kontruksi apkh harus mengikuti format jaminan pnwrn yg trlmpir didokumen penawarn,sdngkn skrng OJK mngeluarkan srt edaran tgl 18-9-2013 tntang jaminan pnwrn asuransi,apkh menggugurkan
Untuk format tidak akan tetapi akan digugurkan oleh pokja atau panitia jika jaminan penawaran bertentangan dengan Perpres 70 Tahun 2012 yang salah satunya menyatakan bahwa bentuk jaminan penawaran adalah unconditional dimana jaminan penawaran dapat dicairkan tanpa syarat apapun.
apakh skrng formt yg dismpaikn pnitia utk jaminan pnawran yg diterbitkn olh bank umum atau asuransi tdk bisa dirubah,sedngkn utk jaminan asuransi sesuai dngn surt edrn OJK No.SE-04/NB/13 tgl 18-9-2013

Format bisa berubah menyesuaikan akan tetapi didalam Perpres 70 Tahun 2012 menyatakan bahwa jaminan penawaran wajib unconditional, dapat dicairkan tanpa syarat apapun.


apakah jaminan penawaran dapat menggugurkan dalam proses pelelangan yang mengunakan sistem merid point dengan alasan format jaminan penawaran tidak sesuai dengan format panitia pengadaan barang/jasa

Format jaminana penawaran tidak menggugurkan penawaran, untuk lebih detailnya silahkan lihat didokumen lelang poin apa saja yang menggugurkan jaminan penawaran seperti jenis jaminan yang harus unconditional, nilai jaminan, masa jaminan penawaran dll


Untuk Pelelangan Pekerjaan KonstruksiApakah untuk pelelangan ulang diwajibkan untuk diumumkan kembali melalui LPSE (Terbuka) atau cuma diumumkan secara LPSE (cuma pengumuman pemasukan dokumen ulang

ada dua kemungkinan pertama dilakukan lelang ulang dengan memulai dari pendaftaran dan seterusnya atau dilakukan pemasukan penawaran ulang saja dengan merujuk pada perpres 70 tahun 2012


bagaimana tata cara menyanggah hasil pelelangan di LPSE Kementrian Kelautan dan Perikanan?
jika saudara adalah peserta lelang dan memasukan dokumen penawaran, maka gunakan fasilitas sanggah (kirim sanggahan warna merah) pada jadual sanggah setelah pengumuman pemenag. jika perusahaan saudara hanya mendaftar maka tidak bisa melakukan sanggahan dan fsilitas sanggah tertutup.
apakah lpse kkp sudah teragregasi dengan lpse lain seperti kemenag, depkes dan yang lainnya sehingga tidak perlu mendaftar ke lpse lain ?
Sudah
apasaja yang menyebabkan suatu perusahaan terkena daftar hitam LPSE ?
Mundur tanpa alasan ketika sudah ditetapkan jadi pemenang, Dokumen yang disampaikan Palsu, wan Prestasi dalam pelaksanaan Kontrak.
Yth.admin lpse kkp.saya mau tanya apakah bisa kalau usaha kecil yg berbentuk cv yg blm menerbitkan faktur pajak ppn di fakturnya mengikuti tender di lpse.?
Bisa saja jika memang perusahaan tersebut tidak ada kegiatan tapi tetap harus bayar PPh Badan. 
Saya melihat lelang jasa supervisi pembangunan speed boat pengawasan, yang dilaksanakan oleh satker PS2DKP lt. 15 gedung KKP. saya melihat kejanggalan dan menyalahi aturan perpres no. 70 tahun 2012. bila perserta yg lulus prakualifikasi kurang dari 5 peserta lelang tersebut dinyatakan gagal akan tetapi lelang tersebut tetap dilanjutkan dengan jumlah peserta yang lulus prakualifikasi 4 peserta.
Terima Kasih atas informasinya, mohon dibaca ulang metode pelaksanaanya, Untuk paket Jasa Konsultan Non konstruksi Nilai 50- 200 Juta adalah seleksi sederhana, 200 juta keatasa baru termasuk seleksi Umum. Untuk seleksi sederhana peserta yang lulus kualifikasi miniman 3 sampai 5 sedangkan untuk seleksi umum minimal 5 maksimal 7.  Kalau dilihat dari kode lelang paket tersebut (1815218) metode pengadaannya adalah seleksi sederhana. Jadi peserta yang memasukan dokumen prakualifikasi minimal tiga. Jika Saudara merupakan salah satu penyedia yang tidak lulus daftar pendek silahkan lakukan sanggah pada fasilitas yang ada di aplikasi SPSE.
bagaimana prosedurnya untuk mendaftar jasa konsultan sebagai orang pribadi mohon penjelasannya
Untuk mendaftar Konsultan perseorangan, Silahkan mendaftar secara online ke LPSE terdekat dengan menyiapkan dokumen berupa NPWP, dan KTP. ikuti proses pendaftaran secara online. Lalu datang ke lpse tempat saudara mendaftar untuk melakukan verifikasi dengan membawa dokumen sesuai persyaratan yang diminta. Setelah diverifikasi dan mendapatkan persetujuan maka user id dan pasword baru bisa diaktifkan.
Kami telah mendaftar pekerjaaan PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN DATABASE DIT. PMMPU tetapi sampai saat ini mengapa belum mendapatkan undangan untuk melakukan pembuktian kualifikasi
Untuk pembuktian kualifikasi, didahului dengan undangan yang dikirim oleh Pokja/ Panitia pengadaan. Undangan dapat dikirim via surat, email, telepon, fax, inbox aplikasi SPSE jika penyedia lulus evaluasi kualifikasi dan masuk dalam calon daftar pendek (3-5 untuk seleksi sederhana) (5-7 seleksi Umum). Jadi jika tidak diundang kemungkinan tidak masuk dalam kategori tersebut. Mohon untuk dimonitor proses lewat aplikasi.
saya telah mendaftar lelang di paket2 pek. di kkp, sampai hari ini blm ada undangan pembuktian prakualifikasi, mohon info tempat /lokasi pembuktian krn km hrs siapkan tiket apabila dilakukan di jkt
Pembuktian kualifikasi dilakukan jika perusahaan anda masuk dalam 3 calon pemenang atau masuk dalam daftar pendek untuk pekerjaan jasa konsultansi
Mohon penjelasan mengenai 1. saya sdh mendaftar di lpse kkp secara online dan diminta datang ke lpse. apakah harus ke lpse kkp atau bisa di lpse instansi lain/2. Dokumen apa saja yg perlu di siapkan

1. Ke lpse tempat saudara mendafta secara online. Jika di LPSE KKP maka Verifikasi di LPSE KKP dan harus datang ke LPSE KKP

2.Dokumen kualifikasi sesuai dengan data kualifikasi yang saudara isi pada aplikasi link email pada saat mendaftar secara online dengan membawa dokumen asli dan foto copy, Formulir pendaftaran dan formulir keikutsertaan

mohon informasi proyek normalisasi saluran tambak di kabupaten situbondo ta 2013
LPSE hanya memfasilitasi proses pengadaan, sedangkan kegiatan ada dimasing-masing satker.
Mohon info persyaratan untuk pendaftaran peserta lelang.
Untuk mendaftar peserta lelang adalah harus mempunyai user id dan pasword. Untuk mendapatkan user id dan pasword silahkan mendaftar secara online terlebih dahulu di lpse terdekat.( aplikasi mendaftar online) ada dihalaman depan tampilan lpse, silahkan klik mendaftar sebagai penyedia. ikuti proses pendaftaran tersebut
saya telah coba download aplikasi apendo 3.1.2. ketika akan saya buka aplikasi ternyata tidak bisa dijalankan/digunakan, bagamana solusinyaterima kasih
Silahkan klik panduan untuk penggunaan apendo 3.1.2 di aplikasi panitia/penyedia
tolong informasikan di rubrik mana pada lpse ini saya bisa melihat pengumuman lowongan konsultan perseorangan pada program pemberdyaan masyarakat pesisir yang dibutuhkan untuk lokasi prov. NTT
silahkan klik cari  lelang non eproc dibawah Login Non Penyedia
mohon informasi, bagaimana cara prosedur permohonan userid dan password selaku Non Penyediaterkait dengan DIPA yang kami kelola dalan Tahun Anggaran 2014 yg terdapat belanja barang/jasa
Silahkan kirim SK ULP/Pokja pengadaan ke email lpse kkp
tolong info tentang pengumuman konsultan mandiri/perseorangan tentang pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Kubu Raya - kalbar (kerjasama kkp dan IPAD). Tks sebelumnya.
Silahkan cek di aplikasi pengumuman lelang non eproc LPSE KKP
bagaimana cara untuk masukin penawaran pada leleng,kenapa pt saya tdk bs masuk,padahal sudah menjadi rekanan dan sudah terdaftar menjadi peserta leleang untuk pengadaan kincir,hanya tinggal masukin pt
Jika kesulitan upload atau kesulitan dalam penggunaan aplikasi SPSE silahkan datang ke LPSE terdekat. atau lihat panduan penyedia silahkan download dan pelajari (ada di dalam aplikasi penyedia ketika sudah login)
Apakah keterlambatan penyedia dalam melebihi tanggal kontrak dalam melaksanakan pekerjaan harus masuk dalam daftar hitam, meskipun dia udah didenda ( Max 5 persen dari kontrak)

Jika penyedia terlambat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditetapkan maka setiap hari keterlambatanya tersebut dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang berlaku, Dalam Perpres 70 Tahun 2012 dijelaskan juga bahwa jika penyedia belum menyelesaikan pekerjaan sampai batas waktu yang ditentukan maka PPK dapat menambah waktu 50 hari  tetap dikenakan denda keterlambatanya. JIka pekerjaan tersebut selesai maka penyedia tidak diblacklist tapi jika sampai penambahan waktu 50 hari penyedia belum mampu dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya maka penyedia didenda dan di blacklist dan dimasukan ke dalam daftar hitam. Info lebih jelasnya silahkan kirim ke lpse_kkp@yahoo.com atau lpse_kkp@kkp.go.id