Cari Pertanyaan atau Jawaban
Kirim Pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.

Frequently Asked Question
Gimana caranya untuk mengikuti lelang Paket : Dukungan Tindak Lanjut Penyusunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Propinsi Aceh di Kabupaten Aceh BaratTrimakasihtlg di balas
Jika perusahaan saudara sudah punya user id dan pasword lpse nasional, silahkan login dan pilih paket dilelang baru, jika belum punya akun lpse silahkan mendaftar online terlebih dahulu di lpse terdekat, akun dan pasword yang didapat dapat digunakan untuk login di lpse kkp dan mengikuti proses lelang tersebut
apabila dalam pelelangan umum pascakualifikasi dilakukan lelang ulang dan peserta yg memasukan dokumen penawaran cuma 1 atau 2 peserta, apakah lelang dinyatakan gagal atau lanjut ke proses berikutnya?
sesuai dengan Perubahan keempat Perpres 54 ke Perpres 4 Tahun 2015, maka untuk proses lelang jika penawaran kurang dari tiga proses dilanjutkan dengan negosiasi teknis dan harga dengan sebelumnya tetap dilakukan evaluasi penawaran.
Apakah gugur jk surat penawaran calon penyedia jasa dibuat tgl 06/4/15 dan berlaku sd 27/4/15 & di SDP masa berlaku penawaran TGl 02/4/15 sd 27/4/15, Jadwal upload 26/3/15 sd 02/4/15, dibuka 06/4/15
Masa berlaku surat penawaran dihitung sejak batas akhir pemasukan sampai batas waktu yang ditentukan oleh panitia misal 30 hari, 60 hari dst. dan tidak boleh kurang dari waktu yang ditentukan oleh panitia.
saya kok tidak bisa log in ya? padahal saya sudah minta password baru. tetapi tisak bisa log in dengan password baru
silahkan laporkan via email dengan menyebutkan nama perusahaan, NPWP, kami akan fasilitasi. jika lupa pasword silahkan klik login penyedia klik lupa pasword masukan user id dan email perusahaan yang digunakan pada saat mendaftar. terima kasih
Dalam Tender E-Procument,apabila mengikuti Tender Ulang,apakah peserta yang sudah terdaftar dan mengikuti Tender sebelumnya, apakah harus membuat Dukungan Bank kembali atau dapat menggunakan kembali ?
jika jumlah dan masa serta peruntukannya sama masih berlaku, tapi jika tidak perusahaan harus update surat dukungan bank
dukungan Bank ditujukan kepada Pokja replace ramsu suar apakah sama dengan nama pekerjaan pokja replace ramsu suar ?
sesuai dengan dokumen lelang yang saudara download
mengenai dukungan bank apakah ikuti dengan harga pagu atau harga HPS untuk paket pekerjaan Replace Ramsu Suar 20 M Darat Konstruksi Beton Penimpun
silahkan baca danpelajari dokumen lelang yang saudara ikuti
untuk paket pekerjaan : Replace Ramsu suar 20 M Darat Konstruksi beton penimpun DSI-20, disini agak rancu mengenai penulisan ramsu suar apakah demikian penulisannya atau dibuat ramsu saja.
Maaf pertanyaan proses lelang dilakukan pada saat anwijing
bagaimana cara verifikasi data untuk mendapatkan pasword? terima kasih
untuk mendapatkan pasword silahkan datang ke lpse tempat saudara mendaftar di lpse tersebut untuk verifikasi data
Selamat siang Bpk/Ibu,Saya mau ikut tender no. 2658218 Pengadaan Peralatan dan Fasilitas Perkantoran.Bagaimana cara download dokumen dan tgl 6 maret penjelasan dimana?Terima kasih
Silahkan mengikuti paket lelang dengan menyetujui ikut lelang setelah login dan dipaket tersebut dokumen bisa didownload
kami sdh terdaftar di lpse kkp tetapi waktu mau ikut daftar lelang di kementrian lain tdk bs kira2 bagaimn solusinya..? terima kasih sebelumnya atas jawabannya
Silahkan melakukan agregasi nasional
Kami Peserta Lelang Suku cadang 2015.Kebetulan kami berada pada urutan pertama harga penawaran . bagaimana kami tahu kami keluar sebagai pemenang. Dan kalau kalah, bagaimana penjelasannya
Terima Kasih, penawaran terendah belum tentu sebagai calon pemenang, untuk menjadi calon pemenang harus lulus evaluasi administrasi, teknis, harga dan kualifikasi perusahaan. silahkan monitor di aplikasi SPSE termasuk tahapan proses lelang tersbut, jika tidak puas silahkan lakukan sanggah.

kenapa saya log in penyedia kok ssudah mengisi id dan password ketika di klik log in password nya jadi panjang ya?? jadi "wrong password"
silahkan coba lagi kemungkinan internet yang digunakan sedang lambat, bisa juga pasword yang saudara isi salah
terkait perpres no 4 tahun 2015, apakah Jaminan Penawaran tetap digunakan pada pelaksanaan lelang umum?jika terlanjur menggunakan standar dokumen Perpres 70 Tahun 2012, apakah perlu adendum?
Ya, karena sudah berlaku perpres 4 tahun 2015, kecuali proses lelang dilakukan sebelum diterbitkan peraturan baru.
Bagaimana cara mendapat user dan passwod LPSE Kementerian Kelautan ?
Silahkan mendaftar secara online, lalu dilanjutkan dengan verivikasi data
Selamat siang,Saya mahasiswa Teknik Perkapalan ITS. Saya ingin menanyakan tentang data galangan yang menangani pemesanan kapal patroli KKP untuk keperluan Tugas Akhir saya.terima kasih
Terima kasih, LPSE hanya fasilitasi proses lelang, administrasi ada di pokja masing2 satker
Dimana saya dapat contoh standar dokumen pengadaan jasa konsultansi badan usaha dengan pasca kualifikasi
di aplikas laman LPSE KKP, di atas kiri atas standar biding elektronik silahkan klik
saya tanya, terkait lelang konsultan individu pada tahap pertama kan harus didaftarkan dengan menuliskan alamat email dan baru setelah itu akan muncul link kiriman dari LPSE. Namun milik sy belm dibaz
Terima kasih, sampai saat ini didata, email saudara belum ada, silahkan lanjutkan langkah dengan klik pendaftaran masukan email pribadi anda, lalu klik mendaftar. tunggu jawaban email lalu ikuti proses yang ada di email saudara, sampai ada perintah untuk datang verivikasi dengan membawa KTP dan NPWP saja.
asalamualaikum pak? kami kelompok nelayan ingin sekali mendapatkan bantuan kapal tangkap ikan cekalang, yang kami tanyakan bgmn caranya untuk mendapatkan sarana tersebut dari Kementrian perikanan?
Maaf forum ini untuk forum pengadaan, tapi silahkan hubungi dinas kelautan dan perikanan didaerah anda.
Pak, saya mau tanya...kenapa kami tidak dapat login di SIRUP.KKP dengan id dan Password yg ada? trims
silahkan hubungi helpdesk lpse KKP atau kirim data via email lpse_kkp@kkp.go.id
Bagaimana cara mendaftar secara oneline pada LPSE Kementerian Kelautan dan Perikanan utk mengikuti lelang
Jika belum  pernah mendaftar lpse di lpse mana saja maka, klik mendaftar penyedia dihalam depan lpse lalu ikutin proses yang ada diemail pada saat mendaftar. Jika sudah pernah mendafta di lpse lain silahkan gunakan user id dan pasword untuk melakukan login dan mengikuti lelang lanjut l
bagaimana tata cara apload RUP
Silahkan kirim data admin RUP via email lpse_kkp@kkp.go.id, akan dibuatkan akun rup berupa user id dan pasword, setelah itu baru input rup persatker masing2. jika sudah mempunyai user id dan pasword tahun lalu bisa langsung digunakan untuk input data rup.  atau silahkan hub admin lpse
Pada tahun 2012, instansi kami sudah melakukan e-tendering tetapi bukan melalui LPSE KPP. Karena waktu itu belum dibentuk. Apakah sekarang harus melalui KKP dalam arti mendaftar ulang lagi? Prosedur?
Benar, silahkan hubungi admin lpse kkp atau kirim data ke emali lpse kkp
Apakah pengadaan mebel kayu juga termasuk dalam daftar rencana pengadaan barang ?
ya, semua anggaran termasuk dalam rencana pengadaan
Mohon informasi, persyaratan untuk menjadi rekanan/vendor terdaftar di LPSE Kementerian Kelautan dan Perikanan.Kami adalah manufacturer & exporter furniture sejak tahun 1999.Terima kasihJimmy Edw
silahkan mendaftar online terlebih dahulu terus ikutin proses pendaftaran via email. jika sudah terdaftar di lpse lain silagkan gunakan user id dan pasword tsb untuk ikut lelang di lpse kkp
Kami sudah terdaftar di LPSE kemenkeu dam Mahkamah Agung apakah LPSE kelautan perlu mendaftar ulang lagi ?
Tidak, lanjut ikut lelang karena lpse KKP sudah termasuk LPSE yang melakukan agregasi nasional
daftar kegiatan RUP KKP tahun 2015 (APBN 2015) yang paket untuk provinsi/kabupaten, di mana lelangnya, trim's
Silahkan cek di Aplikasi Sirup (sirup.lkpp.go.id) lelangnya ada di LPSE KKP Terima Kasih
Apabila ada adendum dokumen pengadaan apakah jadwal pengadaan perlu dirubah? dasar aturrannya mohon petunjuk
Penambahan dokumen yang akan mempengaruhi bagi penyedia dan memerlukan waktu tambahan untuk mendapatkan barang tersebut maka pokja dapat menambahkan waktu pemasukan penawaran.
http://lpse.kkp.go.id/eproc/lelang/pemenang/2293218Tolong Bapak/ Ibu Perikasa Website ini. Saya rasa Jaminan Penawaran yang Saya masukkan Tidak ada Masalahnya.
Jika merasa dirugikan oleh panitia, silahkan sampaikan dalam tahapan sanggah melalui SPSE
Rehabilitasi Saluran Irigasi Kawasan Tambak Di Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur(Tolong Diperiksa tentang kebenaran paket ini terima kasih)

Pengaduan silahkan kirim ke email lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@kkp.go.id

Terima Kasih

kami peserta lelang pekerjaan rehabiliasi prasarna balai besar pengembangan budidaya air laut lampung, dimn pd tgl. 22.9.14 jadwal aanwizing tuk pek. tsb, nmun panitia blum menerbitkan BA & ADDUM

Terima  Kasih

Panitia sedang menyiapkan perubahan dokumen sehingga adanya perubahan jadwal yang diajukan ke lpse kkp

Helpdesk lpse kkp

Mohon bantuan prosedur agar kami bisa ikut berpartisispasi dalam pengadaan cold storage, mesin es dan pengadaan panel insulasi polyurethane pada kementrian kelautan.

Silahkan ikuti proses lelang secara elektronik, jika belum pernah mendaftar online, silahkan mendaftar terlebih dahlu secara online dan ikuti proses dalam pendaftaran tersebut. Jika sudah silahkan melakukan verifikasi ke lpse tempat perusahaan saudara mendaftar.

apa yang terjadi dengan lelang saluran di Kalbar baru baru ini. udah dibatalin ko bisa muncul lagi, dan memenangkan salah seorang tanpa lelang ulang. mohon ditanggapi
Terima Kasih, Mohon dalam penyampaian pengaduan layanan lpse kkp dikirim ke email lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@yahoo.com untuk dapat kita tindak lanjuti dengan menjelaskan paket mana, kode lelang serta permasalahannya. 
bagaimana mendafta PT secara online ??
silahkan klik pendaftaran online, di halaman depan lpse. isi data dan ikuti tahapan pendaftaran tersebut
Anwijing tidak dijawab di saat yang tertera di jadwal, apakah lelang itu bisa dianggap gagal? kemana mesti mengadukan hal tersebut.
Tidak dianggap gagal, hanya apa yang ada dipertanyakan dianwijing tidak bisa menjadi acuan dalam kontrak (perubahan), jadi semua bersumber kembali pada dokumen lelang tersebut.
apakah didalam mengikuti pelelangan tidak boleh menggukana dukungan bank dari bank BJB...mohon penjelasannya pa
dukungan bank, tidak ada kategori khusus, jadi bisa menggunakan bank apa saja yang penting setelah dilakukan klarifikasi benar bank tersebut mengeluarkan surat dukungan dan ada dana yang mendukung pekerjaan tersebut


bagaimana prosedur pendaftaran pertama kali jadi peserta pengadaan barang dan jasa di lpse kkp?
Jika penyedia baru dan belum pernah mendaftar secara online, silahkan mendaftar secara online di halaman depan lpse dmana perusahaan anda mendaftar. isi email perusahaan. klik mendaftar, ikuti proses didalam email sampai ada perintah untuk datang melakukan verifikasi dengan datang ke lpse tempat saudara mendaftar dengan membawa 1 bendel dokumen kualifikasi fotocopy dan dokumen aslinya. serta formulir2 pendaftaran dan formulir keikutsertaan.
seandainya kami sebagai rekanan secara sepihak mengundurkan diri sbg pemenang lelang bs masuk daftar hitam tetapi jika panitia membatalkan lelang apa sangsinya?

seandainya kami sebagai rekanan secara sepihak mengundurkan diri sbg pemenang lelang bs masuk daftar hitam tetapi jika panitia membatalkan lelang apa sangsinya?

Silahkan pelajari Perpres 54 Tahun 2010 dan perubahan kedua Perpres 70 Tahun 2012. Penyedia yang ditunjuk sebagai pemenang mengundurkan diri maka penyedia tersebut diiblacklist, jika belum sebagai pemenang maka tidak diblacklist. sanksi panitia tidak ada Karena panitia hanya menjalankan proses lelang sedangkan kebijakan pemotongan anggaran adalah kebijakan  Presiden cc Menteri keuangan. 

Apabila lelang dibatalkan padahal di doklang tdk ada pernyataan apabila lelang dibatalkan kami sbg rekanan tdk boleh menuntut?bagaimana?

Terima kasih, lelang sesuai dengan Peraturan LKPP dapat dibatalkan jika memang ada kebijakan pemerintah, Kebijakan tersebut tertuang dalam Inpres No 4 Tahun 2014. Kebijakan tersebut dalam pemotongan anggaran, kegiatan apa yang dipotong tergantung masing2 KPA. Jika masih proses lelang dapat ditunda/dibatalkan sebelum adanya ikatan kontrak. Sedangan dalam dokumen lelang tidak ada klausul tentang menuntut karena memang biasanya klausul tersebut digunakan untuk kegiatan lelang yang pra DIPA dimana anggaran belum disahkan oleh DPR maka dibuatlah klausul tersebut. sedangakan ini adalah karena kebijakan pemerintah yang tidak bisa ditunda.

kami mempertanyakan lelang mesin bubut p tangkap.kalau memang terjadi pemotongan anggaran mengapa setelah adanya verifikasi?
Terima kasih, lelang sesuai dengan Peraturan LKPP dapat dibatalkan jika memang ada kebijakan pemerintah, Kebijakan tersebut tertuang dalam Inpres No 4 Tahun 2014. Kebijakan tersebut dalam pemotongan anggaran, kegiatan apa yang dipotong tergantung masing2 KPA. Jika masih proses lelang dapat ditunda/dibatalkan sebelum adanya ikatan kontrak.
jika surat penawaran dan pernyataan dalam bentuk word tidak kami tanda tangan apakah bisa dinyatakan gugur??
  1. Silahkan pelajari Perka LKPP No 1 Tahun 2011 tentang e-tendering
  2. Surat Penawaran dan atau surat lain bagian dari dokumen penawaran dalam proses pengadaan baran/jasa pemerintah secara elektronik ini tidak memerlukan tanda tangan basah dan stempel kecuali surat lain yang memerlukan tanda tangan basah dari pihak lain contoh surat dukungan bank, surat keterangan fiskal maupun surat dukungan lain-lain.
  3. Surat Penawaran ditandatangani secara elektronik oleh pemimpin/ direktur perusahaan atau penerima kuasa dari direktur utama yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau perubahan atau kepala cabang yang diangkat kantor pusat yang dibuktikan dengan bukti otentik atau pejabat yang menurut perjanjian kerjasama adalah yang berhak mewakili perusahaan yang bekerjasama
klo sdh ada pemenang tiba2 dihilangkan kemudian ada protes lalu diadakan klarifikasi smua rekanan.lalu sehari kemudian ada pengumuman rencana lelang dibatalkan alasannya pemotongan anggaran.bagaimana?

Pemotongan Anggaran adalah kebijakan Kuasa Pengguna anggaran dalam pelaksanaan Inpres 4 Tahun 2014, selama PPK belum melakukan perikatan dalam surat perjanjian, maka anggaran dapat dilakukan pemotongan. Setiap pengaduan mohon dikirim ke lpse_kkp@kkp.go.id atau lpse_kkp@yahoo.com

pakah klarufikasi harus mendsatangkan seluruh rekanan atau hanya urutan 1-3 saja?
Pembuktian kualifikasi dilakukan pada calon pemenang I, Calon Pemenang cadangan I dan Calon Pemenang Cadangan II, sedangkan klarifikasi dan negosiasi hanya dilakukan terhadap pemenang Pertama. Jika pemenang gagal melakukan negosiasi sesuai dengan aturan yang ada, Pokja dapat memanggil pemenang cadangan I
lelang yang sdh msk tahap klarifikasi mendadak akan dihilangkan dengan alasan pemotongan anggaran.pdhl nilai lelang tsb sangat kecil.sedang lelang yg nilainya lbh besar msh bs dijalankan
Kebijakan pemotongan anggaran ada dimasing- masing Kuasa Pengguna Anggaran dari nilai yang ditetapkan oleh Pengguna Anggaran, Panitia atau Pokja hanya menjalankan proses pelelangan sesuai dengan permintaan PPK
apakah sah jika panitia lelang melakukan pembuktian kualifikasi tanpa mengundang / memberitahukan kepeserta lelang baik melalui telp, fax, email, undangan langsung hanya berdasarkan pad jadwal saja
Untuk mengundang penyedia yang lulus baik calon daftar pendek maupun calon pemenang, calon cadangan 1 maupun calon cadangan 2 dilakukan dengan cara bisa berkirim surat, email, fax, telpon langsung (nomor telp di kop surat atau disurat penawaran), atau panitia langsung mendatangi lokasi penyedia untuk pembuktian sekalian survey domisili dll, tergantung panitia melakukannya, yang intinya adalah ada informasi yang diterima penyedia bahwa mereka di undang untuk klarifikasi data kualifikasi penyedia.
apakah lpse kkp bisa meneriman pengaduan
Setiap pengaduan di lpse KKP akan dianalisa dan ditindaklanjuti jika menyangkut prosedur dan tata pelaksanaan lelang dalam penggunaan aplikasi LPSE, sedangkan pengaduan tentang pengadaan bisa disampaikan ke inspektorat jenderal. 
mohon di kirim Pasword terbaru
Perubahan pasword penyedia dapat dilakukan oleh penyedia sendiri dengan klik lupa pasword pada saat mau login 

bagaimana cara mengikuti lelang ?
Jika sudah mendaftar dan mempunyai user id dan pasword, silahkan download panduan nya jika belum pernah mendaftar silahkan mendaftar secara online. Dihalaman depan tampilan lpse kkp
apakah sah jika pada penawaran yg kirim kami menggunakan materai hasil scan agar kami menghemat materai dan setelah pembuktian kami menggunakan materai asli

Surat penawaran dalam sistem lelang secara elektronik tidak menggunakan materai itu sah sesuai dengan Perka LKPP dan tidak digugurkan, akan tetapi ketika surat penawaran menggunakan materai palsu hasil scan dan dikirim pada saat pengiriman dokumen maka tidak sah dan dianggap pemalsuan, maka dapat digugurkan oleh panitia. 

Apakah Sah jika panitia lelang melakukan pembuktian kualifikasi tanpa mengumumkan di LPSE kkp (layar home lpse) padahal pada jadwal itu pembuktian kualifikasi.

Pembuktian kualifikasi dilakukan oleh panitia pada 3 calon pemenang, untuk hadir dalam pembuktian kualifikasi Panitia bisa mengirim surat undangan, fax, email maupun telepon langsung. dan tidak ada kewajiban  mengumumkan undangan pembuktian di (layar home lpse).